PERTEMPURAN LIMA HARI – MAGIS – ORBA

lewung-sewu-2.gifOleh : Leo

Foto : Leo

SEMARANG – Simpang lima adalah sebuah lapangan yang berada di pusat kota Semarang dan merupakan pertemuan beberapa mata jalan yang menyatu, dari lima arah bertemu dan pusatnya adalah Alun-Alun kota Semarang. Tidak jauh dari tempat ini terdapat sebuah bangunan tua. Bangunan yang berdiri megah dan kokoh ini dinamakan Lawang Sewu karena memiliki banyak pintu (lawang dalam Bahasa Jawa berarti pintu, sewu artinya seribu) disamping busur busur yang menjulur mengisi lorong lorong memenuhi permukaan gedung ini.

o.gifBangunan ini merupakan pusat perkantoran kereta api kolonial pada zaman penjajahan Belanda yang disebut juga NIS ( Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij ) dirancang oleh Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag pada 1901. Di depan halaman Lawang Sewu juga menjadi saksi bisu Pertempuran Lima Hari dimana para pejuang kita bertempur habis – habisan melawan kolonial Belanda pada bulan oktober 1945. Di tempat ini pula para pejuang kita di bantai siksa secara kejam.

Niat Keluarga Almarhum

z.gifMungkin agenda mahasiswa saat menggulingkan Rezim alm. Soeharto adalah reformasi ( turunkan Alm, cabut dwifungsi ABRI, dsb ). Di luar dugaan reformasi yang dibidani mahasiswa ternyata turut menyelamatkan bangunan yang katanya penuh magis ini. Pada saat kekuatan pemerintahan Orde Baru masih mencengkeram kuat, Bangunan Lawang Sewu sempat diisukan akan dibeli keluarga Cendana untuk menguntungkan kaum kapitalis dengan menyulap menjadi hotel bintang lima.

Saat ini kita agak dapat bernafas lega karena Pemerintah Kota Semarang telah memasukkan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah yang wajib dilindungi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: