DONGENG BANGSA INDONESIA

Oleh : Leo

Bila kita membaca buku mulai dari kisah sejarah, cerita rakyat hingga cerita nenek sudah jelas ditunjukkan seolah – olah bangsa indonesia adalah bangsa yang penuh dengan ramah tamah, suka bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah, dan bangsa yang taat beragama. Ketika Bangsa Belanda datang, mereka disambut dan diperlakukan sebagai tamu dan kita juga memiliki sederet nama jagoan yang tak kalah hebat dari superman, batman, dan spiderman. Diantaranya adalah Si Pitung, Ken Arok, Angling Dharma, dan Jaka Tinggir. Konon mereka selalu membela orang – orang tertindas dan melawan penindasan.

Karena kita bukan lahir pada zaman mereka, hal ini menyisakan sederet pertanyaan. Mari kita sejenak tinggalkan cerita masa lalu itu dan sedikit maju pada zaman berikutnya hingga saat ini. Lusinan tragedi mengiringi perjalanan bangsa yang konon katanya kaya ini. PEMBANTAIAN karna perbedaan ideologi, perbedaan etnis, perbedaan suku, perbedaan ras, perbedaan agama, perbedaan desa, perbedaan gang, perbedaan keluarga, perbedaan kelompok, perbedaan pendapat, dan entah sederet perbedaan lagi. Kalau belum cukup mari kita melihat lagi dari sisi lainnya. Di jalan raya, caci maki dan ngotot – ngototan adalah cara kita memuaskan perasaan kita jika kendaraan kita bertabrakan atau bersenggolan dengan orang lain. Bahkan dalam menggunakan indera penglihatanpun kita harus hati – hati atau kita didatangi seseorang dan bertanya dengan nada tinggi ” apa lo liat – liat ”. Lihatlah, orang cacat menjadi bahan ejekan dan lelucon, yang tua menindas yang muda dan yang muda tidak menghormati yang tua, belum lagi korupsi, narkoba, sex bebas dan banyak lagi yang tidak cukup bila diceritakan dengan selembar kertas.

Kali ini tidak di bahas dan dibedah setiap kasus diatas dan latar belakangnya. Apabila kita mengacu pada cerita – cerita nenek, terlintaslahlah sebuah pertanyaan besar yaitu benarkah bangsa kita merupakan bangsa yang bermartabat, beradab, bermusyawarah, beragama, dan bangsa yang adil. Atau itu Cuma dongeng sebelum tidur aja, nek???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: