Sindrom Kritik Presma 2 Tahun Lalu

Oleh: Pebriansyah Ariefana ‘Eby’

Hal mencengangkan terjadi di kampus tetangga pada sidang pengesahan Undang-Undang Dasar beberapa bulan lalu. Pengajuan pembentukan Pers Mahasiswa ditolak oleh mayoritas peserta sidang. Alasannya terkait dana IKM (iuran kegiatan Mahasiswa). Pada intinya jika Pers Mahasiswa terbentuk maka akan mengurangi jatah IKM. Pertanyaannya adalah, “apakah itu di balik alasan di balik tidak terbentuknya Pers Mahasiswa?” atau ada kepentingan lain dibalik itu semua?”. Tentu kepentingannya melibatkan intitusi dalam atau pun hanya di luar. Tapi semoga saja itu terjadi di luar, namun mustahil. Pasti institusi dalam terlibat dan kalau saja benar, itu berarti ideologi kampus sangat jauh dari kata Demokrasi’, ‘keindependenan’, atau apakah institusi dalam yang dimaksud adalah BEMU dan DPMU atau Pihak pemerintah dan Parlemen. Sedangkan institusi luarnya adalah Keluarga Besar Mahasiswa (KBM). mengapa demikian?, inilah yang menjadi fokus perhatian.

BEMU sebagai objek perhatian KBM dan pemegang peranan penting dalam perjalanan kehidupan kampus adalah alasan mengapa pihak institusi dalam yang mempunyai kecenderungan mempunyai kepentingan untuk tidak setuju pembentukan Pers Mahasiswa dalam kampus. Takut kritikkah mungkin alasannya?

One Response to Sindrom Kritik Presma 2 Tahun Lalu

  1. tanggo down mengatakan:

    kalau alasan dana IKM,menurut saya sah saja mereka menyatakan pendapat. ini hanya menuntut kesabaran dari pers mahasiswa itu sendiri. kalau ditolak bukan berarti kalah. yang akhirnya jadi senjata untuk menghancurkan pemerintah atau parlemen (BEMU/DPMU). pers yang ditakutkan adalah pers yang menyebarkan kebohongan publik. misal : anggaran acara Rp.sekian. sedangkan panitia yang mengadakan acara belum selesai menghitung jumlah anggaran secara keseluruhan.ini bisa dijadikan sebagai ajang balas dendam.ada baiknya kalau pers mahasiswa itu dibawah BEMU kalau ingin mendapatkan dana IKM, atau dibawah DPMU kalau mau dapat dana operasional. ada salah pengertian dalam kata independent. menurut saya kalau kata independent itu pemberitaannya bebas.akan tetapi organisasi pers mahasiswa itu dibawah siapa? BEMU atau DPMU? tolong kepada seluruh kawan pers mahasiswa untuk coba membaca undang-undang pers nasional kita.cari dimana kesalahan anda dalam pemberitaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: