BATIK SALAH SATU IDENTITAS BANGSA

Oleh : Dede. R

Batik, merupakan ciri khas dari bangsa Indonesia. Belakangan ini, negara tetangga kita yang mengaku saudara serumpun sudah berani mengakui dan meng-hak patenkan hasil karya anak negeri tersebut. Sungguh ironis memang, tidak hanya batik, beberapa kesenian asli Indonesia pun sudah banyak diakui oleh negara yang berjuluk Negeri Jiran ini.

Lalu bagaimana tanggapan pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap kejadian ini?? Pemerintah, seperti yang sudah-sudah, tidak terlalu memikirkan dan menganggap ini masalah kecil yang dapat diselesaikan secara diplomasi. Padahal yang kita ketahui semua, untuk soal diplomasi negara tetangga itu lebih lihai dari kita. terbukti beberapa tahun lalu pulau Sipadan dan ligitan jatuh ketangan negara yang menjadi tujuan para TKI ini.

Tidak hanya itu beberapa kasus seperti kekerasan yang dialami oleh para TKI, penyebutan ‘Indon’ untuk orang-orang indonesia disana, pengakuan terhadap kesenian Reog Ponorego, hingga kasus perekrutan tenaga militer diperbatasan pun pemerintah kita masih ‘melempem’ dalam menghadapinya. Sangat disayangkan memang, padahal negara kita lebih dulu merdeka dan lebih dulu berpendidikan dibandingkan negara tersebut.

berbeda dengan sikap para masyarakat. Reaksi keras ditunjukan oleh beberapa lapisan masyarakat, sebagai contoh para kawula muda di Bandung membuat dan menjual kaus-kaus bertuliskan ‘Malingsia’ plesetan dari nama Negara tersebut.

Dan akhir-akhir ini rasa nasionalisme akan kebanggan menjadi orang Indonesia pun sering terlihat dimana-mana, para kawula muda terutama kaum perempuannya bangga berwara-wiri menggunakan pakaian bermotif batik. Batik tidak hanya identik dengan pergi ketempat-tempat formal lagi, saat ini batik banyak digunakan untuk pergi ke kampus, ke mall bahkan berekreasi bersama keluarga.

Saat ini batik tidak lagi identik dengan kaum-kaum tua, atau para pejabat saja. Batik sudah menjadi trendsetter bagi kaum muda. Mungkin ini merupakan salah satu cara untuk membuktikan bahwa batik merupakan kerajinan asli dari bangsa Indonesia, serta membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masih mempunyai rasa kebanggan terhadap bangsa dan negaranya.

<!–[endif]–>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: