Tato It’s Not a Crime

Tato!!!!!!

Apa sih Tato?

Oleh: Irvan Firnaldi

Tato It’s Not A Crime

Banyaknya pelaku kriminal yang mempunyai tato di tubuhnya membuat sebagian besar para pecinta seni rajah tubuh ini menjadi risih. Image yang di timbulkan oleh kejadian tersebut membuat sebagian orang yang mempunyai tato di tubuhnya menjadi buruk citranya di mata masyarakat sekitar, walaupun dirinya berasal dari keluarga baik-baik dan tidak pernah mempunyai catatan kriminal.

Tato secara garis besarnya adalah sebuah gambar atau symbol yang dilukiskan pada tubuh seseorang, dengan kata lain seni merajah tubuh. Sejarah tato pun jika ditelusuri berasal dari Negara Mesir kuno pada tahun 4000 SM, jadi tato itu sudah ada sejak 12.000 SM. Bukti lainnya juga terdapat di atas pegunungan es dekat perbatasan antara Austria dan Italy pada tahun 1992 telah ditemukannya mayat manusia yang berusia sekitar 5000 tahun lamanya, dan di tubuhnya terdapat 58 guratan tato berupa garis-garis. Hal ini menandakan bahwa tato telah ada sejak lama.

Bahasa tato pun berbeda-beda untuk di negara kita lebih dikenal dengan Tato atau Rajah, sedangkan di Inggris menyebutnya Tattoo, dan masih banyak sebutan lainnya di berbagai negara. Awalnya bahan untuk membuat Tattoo berasal dari arang tempurung yang dicampur dengan air tebu. Alat-alat yang digunakan masih sangat tradisional. Seperti tangkai kayu, jarum dan pemukul dari batang. Orang-orang pedalaman masih menggunakan teknik manual dan dari bahan-bahan tradisional. Orang-orang Eskimo misalnya, memakai jarum yang terbuat dari tulang binatang.

Di kuil-kuil Shaolin menggunakan gentong tembaga yang dipanaskan untuk mencetak gambar naga pada kulit tubih. Murid-murid Shaolin yang dianggap memenuhi syarat untuk mendapatkan simbol itu, dengan menempelkan kedua lengan mereka pada semacam cetakan gambar naga yang ada di kedua sisi gentong tembaga panas itu. Jauh berbeda dengan sekarang. Saat ini, terutama di kalangan masyarakat perkotaan, pembuatan Tattoo dilakukan dengan mesin elektrik. Mesin ini ditemukan pada tahun 1891 di Inggris. Kemudian zat pewarnanya menggunakan tinta sintetis (tinta tattoo).(VAN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: