BANGGAKAH KITA MENJADI INDONESIA ???

Oleh : Dede Rianto

63 tahun sudah, ketika Bung Karno dan Bung Hatta mewakili bangsa ini untuk mengikrarkan diri menjadi bangsa yang mandiri dan bebas dari penjajahan. Dan 63 tahun sudah, ketika semua rakyat Indonesia mengibarkan bendera merah putih untuk pertama kalinya, tanpa takut akan ditembak para penjajah.

Sudah lama negara ini merdeka, 12 tahun lebih tua dibandingkan negara tetangga serumpun kita. 17 Agustus 1945 bukanlah akhir dari perjuangan bangsa, tetapi menjadi awal bagi negeri yang sering disebut sebagai zamrud khatulistiwa ini. Negeri ini memang kaya, negeri ini memang indah, dan negeri ini memang besar. Akan tetapi apa dan dimana negeri yang kaya, indah dan besar itu??

Tidak semua orang dinegeri ini kaya (Sejahtera), masih banyak rakyat yang kelaparan, dan kesusahan. Istilah yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin benar-benar terjadi dinegeri ini. Korupsi menjadi biasa, hukum dengan mudah dipermainkan, sogok menyogok bukan hal aneh bung!!!.

Negeri ini memang indah, tetapi itu adalah karunia Allah SWT, bisakah bangsa ini menjaganya?? Hutan lebat habis ditebang, trumbu karang habis disikat, tanah emas terus dibajak. Sungguh ironis memang negara yang diberi sumber daya alam melimpah ruah, tetapi tidak bisa memanfaatkan dengan bijak.

Negeri ini memang besar, tetapi apanya?? Penduduknya? pasti, jumlah penduduk Indonesia mencapai 250 juta jiwa, urutan lima besar didunia. Korupsinya apa lagi, masuk lima besar juga didunia. Tapi apakah itu yang harus dibanggakan?? tentu saja tidak, kita harus menjadi macan asia seperti slogan yang sering disebut-sebut oleh salah satu kandidat calon presiden negeri ini.

Indonesia pernah menjadi macan asia dalam sektor pertanian, industri, pendidikan, perekonomian, keamanan bahkan di cabang-cabang olahraga. Tapi sekarang?? Indonesia masih saja bangga disebut sebagai negara berkembang, padahal kenyataannya malah mengempis. Bahkan dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya Indonesia sudah tertinggal.

Sebagai mahasiswa dan penerus bangsa ini, haruskah kita tinggal diam?? Diam berarti negeri ini hancur, mengkritik tapi tak bertindak sama saja bohong. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Mari sama-sama kita mencoba membangun kembali bangsa ini menjadi lebih baik, mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. dan mulai tanamkanlah pada diri kita masing-masing, bahwa kita bangga menjadi INDONESIA..

2 Responses to BANGGAKAH KITA MENJADI INDONESIA ???

  1. lukman DS mengatakan:

    w
    gk bangga juga..
    cz masih banyak yang belum merdeka
    lagian juga menurut gw, indonesia tu masih dijajah..
    dengan jenis penjajahan baru
    yaitu
    neokolonialisme
    orang diataz sibuk memperkaya diri sendiri
    jd kapan Indonesia bisa seperti negara lain
    padahal Indonesia lebih dulu merdeka ketimbang negara tetangga yaitu malaysia
    pa mukin kata-kata yang ada di pembukaan tu gak akan terwujud
    “mengantarka rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia…” cuma kata-kata z
    yang cuma bisa mengantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang z, tanpa melewati pintu kemerdekaan tersebut dan dapat menikmati kemerdekaan yang sejati.

    seperti masa majapahit tempo dulu

    peace..

  2. Martyn mengatakan:

    Bgus tulisannya, smoga dengan adanya tulisan ini bisa ngebawa perubahan yang berarti.

    Karena apa yang udah dilakuin sma Bung Karno bkan ssuatu yang tiba2 ada gtu ja tapi btuh perjuangan yang sangat2 keras.

    Jadi kita th hrus ngehargain apa yang udh dilakuin Bung Karno, dengan bangga menjadi bangsa Ind karna bangsa kita gak kalah sma bangsa2 lain, walau mungkin bangsa kita gak bisa ngunggulin bangsa2 lain dalam hal teknologi dan yang lainnya, pi kita jga punya hall2 yang bisa kita banggain ke bangsa2 lain.

    Martyn A. (jurnal UIEU ’08)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: