JIWA PECINTA ALAM UNTUK INDONESIA

Oleh : : Dede Rianto

26102008(143)Mendaki gunung, bagi sebagian orang mungkin hanya hobby yang konyol. Hobby yang hanya menghambur-hamburkan uang dan tenaga saja, hobby yang rentan akan bahaya dan resiko. Bahkan ungkapan seperti “Ngapain cape-cape ke gunung, orang gunung aja mau ke kota.. eh orang kota mau ke gunung..” pun sering terdengar dari orang-orang yang tidak suka akan kegiatan ini. Sangat disayangkan memang.

Tapi menurut saya, itu hanyalah tanggapan dari orang-orang konyol yang tidak mengetahui akan arti sesungguhnya mendaki gunung. Sebenarnya banyak sekali pelajaran hidup yang didapat dari kegiatan mendaki gunung, dengan segudang filosofi didalamnya. Sir George Leigh Mallory (pendaki gunung legendaris asal inggris), kerap menjawab pendek pertanyaan mengapa ia begitu tergila-gila naik gunung. “Because it is there”,ujarnya. Jawaban itu menggambarkan betapa luas pengalamannya mendaki gunung dan bertualang.

Sedangkan menurut anggota-anggota Mapala Universitas Indonesia-kelompok pencinta alam tertua (bersama Wanadri Bandung) di Indonesia. Mereka punya alasan lebih panjang dari Mallory. Dalam halaman awal buku pegangan petualangan yang dimiliki seluruh anggotanya tertulis, “Nasionalisme tidak dapat tumbuh dari slogan atau indoktrinasi. Cinta tanah air hanya tumbuh dari melihat langsung alam dan masyarakatnya. Untuk itulah kami naik gunung”.

Sungguh dalam, filosofi dari mendaki gunung itu sendiri, dan sungguh hebat menurut saya pemikiran dari para pendaki tersebut. Menjadi pendaki gunung, atau yang biasa disebut dengan sebutan “pecinta alam” di-Indonesia ini, tidak hanya untuk gagah-gagahan saja. Mereka mempunyai tujuan yang mulia, seperti memempercayai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, menjaga, melindungi dan melestarikan alam Indonesia.

Jika saja para pemuda di indonesia ini memiliki jiwa dan pemikiran seperti para pecinta alam, mungkin saja saat ini Indonesia sudah menjadi negara besar. Negara kita akan lebih menghargai sumber daya alam yang melimpah ruah dinegeri ini, dan tidak akan menyia-nyiakannya. Apalagi sampai direbut oleh negeri tetangga.

Mempunyai jiwa pecinta alam berarti mempunyai semangat pantang menyerah. Seorang pendaki tidak akan menyerah sebelum dia mencapai puncak tertinggi. Dan seorang pendaki, tidak akan turun sebelum menyanyikan lagu Indonesia Raya disetiap puncak gunung yang dia naiki. Kita pun berharap negeri kita tidak akan menyerah untuk mencapai negeri yang sejahtera, maju dan berdaulat. Para pemuda pun akan selalu bangga menjadi INDONESIA. Negeri yang akan menjadi macan asia, dan negeri yang akan disegani oleh semua bangsa didunia.

2 Responses to JIWA PECINTA ALAM UNTUK INDONESIA

  1. eby mengatakan:

    perhatiin ejaan dan besar kecil huruf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: