Busway di Tangerang

Oleh : Dede Rianto

buswayBagi orang Jakarta, siapa yang gak kenal sama yang namanya Busway, atau bis TransJakarta. hampir disetiap jalan-jalan protokol di Jakarta terdapat jalur Busway.

Aktivfitas kota jakarta yang tidak pernah tidur mangharuskan Pemda DKI menyediakan transportasi massal bagi para penduduknya.

Antrian selalu terjadi disetiap halte-halte Busway, para penumpang pun tidak berasal dari Jakarta saja. Banyak masyarakat dari luar jakarta yang bekerja di Ibu kota, menggunakan alat transportasi ini.

Kabar bahagia mungkin untuk para penumpang Busway yang berasal dari luar jakarta, terutama masyarakat Tangerang.

Pasalnya sebagai salah satu langkah implementasi kebijakan BRT (Bus Rapid Transit), Departemen Perhubungan saat ini tengah memfasilitasi penyelenggaraan rute busway antar wilayah meliputi Jakarta-Tangerang.

Direncanakan 3 bulan ke depan perjanjian kerja sama antar daerah terkait penyelenggaraan busway antar wilayah tersebut akan ditandatangani oleh Menteri Perhubungan, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Banten, Bupati & Walikota Tangerang.

Menurut Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan Dephub, Elly Sinaga nantinya pengelolaan busway antar wilayah tersebut akan berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) yang akan dibentuk menyusul perjanjian yang akan diteken.

Penyelenggaraan busway antar wilayah ini akan menandai babak baru penyelenggaraan busway yang berupa perluasan jalur dari Jakarta menuju Tangerang. Direncanakan dari Jakarta jalur utama akan dibangun dari Terminal Kalideres dan berakhir di Terminal Poris Plawad tangerang. Setelah itu setiap Pemkot/Pemkab dapat mengembangkan jalur angkutan perkotaan untuk wilayah masing-masing dari jalur utama tersebut.

Pengembangan busway Jakarta – Tangerang ini merupakan bagian dari rencana pengembangan transportasi perkotaan Jakarta – Bogor – Tangerang – Bekasi – Puncak – Cianjur (Jabodetabekpunjur). BLU Jakarta – Tangerang ini merupakan proyek pertama pengembangan sistem transportasi menyeluruh di wilayah ini menyusul keluarnya Perpres No. 54/2008 tentang Tata Ruang Jabodetabekpunjur.

Jadi untuk para pengguna Busway yang berasal dari tangerang, siap-siap saja menunggu kemunculan Busway di kota anda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: