Tanggapan Amerika mengenai Bom Kuningan

Oleh : Dede Rianto
obamaPresiden Amerika Barack Obama mengutuk keras pengeboman di dua hotel mewah, Ritz Carlton dan Marriott di Jakarta hari Jumat dan mengatakan, Amerika siap membantu pemerintah Indonesia.

Obama menyampaikan ucapan ikut berduka kepada para korban dan keluarga mereka. Pengeboman menewaskan sembilan orang dan melukai puluhan lainnya.

Presiden keturunan Afro-Amerika yang menghabiskan waktu anak-anaknya di Indonesia, mengatakan: “Rakyat Amerika mendampingi rakyat Indonesia dalam saat-saat sulit ini, dan pemerintah Amerika siap membantu pemerintah Indonesia menanggapi dan memulihkan diri dari serangan-serangan brutal ini, sebagai mitra dan sahabat.”

Obama mengatakan, Indonesia selalu tegas dalam memerangi ekstremis di negara itu, dan “serangan ini membuktikan bahwa kaum ekstremis tetap berkeras untuk membunuh lelaki, perempuan dan anak-anak tak berdosa dari semua agama dan negara.”

“Kami akan terus bermitra dengan Indonesia untuk memusnahkan ancaman dari ekstremis-ekstremis kejam, dan dukungan kami tidak akan goyah bagi masa depan yang penuh keamanan dan peluang bagi rakyat Indonesia”, kata Presiden Obama.

Senada dengan Obama, Hillary Clinton selaku Menteri luar negeri Amerika Serikat menyatakan “Kami ingin menyampaikan rasa simpati kepada para korban dalam serangan tragis ini serta keluarga mereka, dan rakyat serta pemerintah Indonesia. Kami mengutuk tindak kekerasan ini dan siap memberikan bantuan jika pemerintah Indonesia memintanya. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat bekerja untuk membantu warga Amerika yang cedera dalam ledakan-ledakan itu.

Serangan-serangan ini mencerminkan kejamnya ekstremis yang memilih cara kekerasan dan mengingatkan kita bahwa ancaman terorisme masih sangat nyata. Tidak ada prioritas yang lebih tinggi daripada mengkonfrontasi ancaman ini bersama negara-negara lain yang sama-sama memiliki komitmen bagi masa depan yang damai dan makmur”. (VOA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: