JALUR TRANS JAKARTA DIKAWAL “3 SERAGAM”

Oleh : Yohanes Lesmana

Upaya penyeterilan jalur Trans Jakarta mulai mencapai tahap serius. terlihat sepanjang jalur dari arah Cengkareng hingga Grogol mulai dijaga ketat oleh petugas. Pengendara yang melanggar pun tidak mendapatkan toleransi bila melanggar.

Sejumlah Polisi Militer, Polisi lalu lintas dan Petugas Dishub terlihat siaga menindak pelanggar yang masuk ke dalam jalur Busway.

“Kami tempatkan sejumlah anggota Polisi Militer di lokasi agar dapat menindak anggota Militer yang membangkang. Karena biasanya kapasitas Polisi lalu lintas sering diabaikan oleh anggota militer” ujar Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono. “Dan petugas Dishub bertugas menindak kendaraan umum yang seenaknya masuk dan kerap berpindah jalur dari jalur reguler ke jalur Busway” tambahnya.

Udar, mengatakan sterilisasi jalur merupakan bagian dari penataan lalu lintas. Tidak hanya itu penerapan kebijakan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan moda angkutan massal yang telah beroperasi sejak 2004 ini.

Ditambahkan Udar, pelibatan garnisun dan polisi dan setrilisasi ini untuk mengantisipasi adanya kendaraan dinas baik milik polisi maupun TNI yang melakukan pelanggaran ini. “Bukan hanya bagi warga sipil namun jalur busway akan steril dari seluruh instansi atau lembaga pemerintah,” ujar Udar, Minggu (1/10).

Hal ini disambut beragam oleh masyarakat. Safarudin, salah satu pengendara sepeda motor menuturkan “ Penertiban ini baik, walaupun belum terbiasa bagi kami pengendara motor yang biasa melintas di jalur Busway pada pagi hari. Namun, selagi itu untuk kebaikan, ya tidak apalah” ujar Safarudin.

Namun, Safarudin juga berharap, aparat tidak hanya melarang pengendara untuk masuk ke jalur busway. Namun juga harus mampu melakukan pengaturan lalu lintas di jalan reguler. Diantaranya dengan menambah aparat di beberapa titik persimpangan dan menertibkan angkutan umum yang mengetem sembarangan yang kerap menjadi biang keladi kemacetan. (YL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: