RACUN BULU BABI LUNTUR DENGAN “AIR SENI”


Oleh : Yohanes lesmana

Bagi Anda yang sering berkunjung kepantai atau pulau pasti sudah kenal apa yang nama nya bulu babi atau Landak laut atau sea urchin

Bulu babi atau landak laut kecil, berduri, bulat binatang yang membentuk bagian dari kelas Echinoidea. Mereka ditemukan di samudra di seluruh dunia. berbentuk bulat dan berduri, biasanya 3-10 cm di. umumnya berwarna hitam dan nuansa hijau, zaitun, cokelat, ungu, dan merah. Mereka bergerak perlahan-lahan, Berang-berang laut, serigala belut, dan predator lain memakan landak.
Landak laut juga dipanen oleh manusia dan roe mereka dilayani sebagai makanan lezat.

Sea Urchin atau lebih dikenal dengan “Bulu Babi” adalah suatu binatang laut yang 95% tubuhnya terdiri dari duri-duri. Duri-duri yang “sedikit” beracun ini sangatlah rapuh.

Binatang laut yang cukup ditakuti oleh para penyelam ini hidup di terumbu karang dan terdapat di perairan yang dangkal. mayoritas dari korban yang tertusuk duri pada sea urchin ini di daerah kaki dan tangan.

Cara penanggulangannya :

* Rendam luka dengan air hangat.

Sedangkan duri yang masih menempel akan sulit dicabut, karena duri tersebut sangatlah rapuh. solusi yang terbaik adalah dengan menumbuk bagian yang tertusuk, sehingga duri yang menempel hancur dan larut dalam darah.

* Solusi yang lain untuk menetralisir racun dari sea urchin adalah dengan amoniak. Namun sangat sulit menemukan amoniak saat menyelam atau di sekitar daerah pesisir. Tapi biasanya orang banyak menggunakan cairan urine untuk menetralisirnya. karena urine mengandung amoniak.

Sebenarnya, seperti yang dikatakan oleh beberapa ahli medis kelautan, anti body manusia sudah cukup untuk menetralisir racun yang terdapat pada sea urchin. Jadi jangan terlalu panik dengan keberadaan Sea urchin ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: